Mengenal Penyakit Cacingan Di Masa Pandemi Covid 19

Apakah anda tahu Penyakit Cacingan? Yaitu merupakan kondisi tubuh manusia yang terkena/terinfeksi cacing atau parasit yang tinggal di dalam usus. Penyakit ini bisa menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Namun penyakit ini lebih mudah untuk menyerang anak-anak dikarenakan pola makan anak yang masih belum bisa menjaga kebersihannya.Parasit-parasit tersebut bisa masuk dan hidup di dalam tubuh manusia lewat makanan atau tangan yang terkontaminasi telur cacing.

Jenis – Jenis Cacing Yang Dapat Menginfeksi Khususnya Anak -anak


Penyakit Cacingan merupakan penyakit yang disebabkan oleh aktivitas cacing yang masuk ke dalam tubuh manusia. Cacing yang masuk ke tubuh tersebut dapat menyerap nutrisi dan berkembang biak dalam jumlah banyak. Itulah mengapa, pengidap cacingan akan mengalami kekurangan nutrisi dan gangguan kesehatan lainnya. Terdapat tiga kelompok cacing yang dikenal dapat menginfeksi manusia yaitu:

  1. Platyhelminthes atau cacing pipih, terdiri dari:
    -Trematode, misalnya Schistosima japonicum. Pada manusia umumnya hidup dalam darah dan sering ditemukan di daerah tropis yang panas.
    -Cestoda, misalnya Taenia solium, Taenia Saginata. Hidup dalam saluran pencernaan manusia dan memakan makanan yang sudah tercerna sebagian dalam usus manusia.
  2. Acanthocephalins, yang umumnya menyerang sistem gastro-instestinal (pencernaan) manusia.
  3. Nematoda, yang dapat menyerang saluran gastro-intestinal, darah, sistem limfatik, dan jaringan subkutan manusia. Contohnya adalah Wuchereria bancrofti, Brugia malayi, Ascaris lumbricoides, Trichuris trichiura. Cacing ini sering ditemukan pada hewan peliharaan, misalnya anjing dan kucing. Hewan peliharaan tersebut kemudian dapat menularkan infeksi cacing pada manusia.
    Umumnya, gejala yang paling sering terjadi pada pengidap adalah rasa gatal di sekitar anus dan vagina di malam hari. Penyebab utama rasa gatal ini disebabkan oleh aktivitas cacing kremi saat menaruh telur-telurnya. Jika infeksi parah sudah terjadi, berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya dirasakan pengidap:
  • Sering mengompol.
  • Hilangnya nafsu makan.
  • Kesulitan tidur atau tetap tidur (insomnia).
  • Infeksi kulit di sekitar anus.
  • Nyeri perut dan mual.
  • PenurunanPenurunan berat badan secara drastis disertai perut membuncit
  • Lemas dan sering mengantuk
  • Demam
  • Anemia dan kulit tampak pucat
  • Mata sayu
  • Penurunan kecerdasan
  • Bagian sekitar anus terasa gatal
  • Batuk terus-menerus dalam waktu yang lama
  • Feses mengandung darah dan cacing

Cara Ampuh Mencegah Penyakit Cacingan

Salah satu cara efektif mencegah penyakit cacingan yaitu dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Selain itu, ada beberapa langkah lain yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit cacingan, yaitu:

  1. Menyimpan daging mentah dan ikan dengan baik, kemudian masak hingga matang.
  2. Mencuci buah dan sayur dengan benar sebelum dikonsumsi.
  3. Jika terkena infeksi cacing, basuh bagian anus Anda pada pagi hari untuk mengurangi jumlah telur cacing, karena cacing biasa bertelur pada malam hari.
  4. Ganti pakaian dalam dan seprei setiap hari selama terinfeksi.
  5. Cuci pakaian tidur, seprei, pakaian dalam, dan handuk dengan air panas untuk membasmi telur cacing.
  6. Hindari menggaruk daerah di sekitar anus yang gatal. Gunting kuku agar tidak ada tempat untuk telur cacing. Jangan menggigit kuku.
  7. Cuci tangan secara teratur, terutama setelah buang air, mengganti popok bayi, sebelum memasak dan sebelum makan.
  8. Hindari berjalan tanpa alas kaki dan menyentuh tanah atau pasir tanpa sarung tangan.

Penyakit cacingan sebaiknya tidak dianggap remeh. Jika Anda atau anggota keluarga mengalami gejala-gejala penyakit cacingan, konsultasi dengan dokter mengenai cara penanganan yang tepat.

Terimakasih sudah membaca ulasan kami kali ini mengenai mengenal lebih banyak tentang Penyakit Cacingan yang sering menyerang anak- anak di masa pandemi seperti sekarang ini.

Loading...
Mengenal Penyakit Cacingan Di Masa Pandemi Covid 19 | Admin | 4.5