Cara Dan Obat Untuk Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak

Banyak orang yang sering mengalami sakit gigi, tak hanya orangtua, anak-anak pun rentan sekali mengalaminya. Jika anak-anak sedang mengalami sakit gigi biasanya akan membuat orangtua bingung, karna pasalnya si anak jadi resah dan rewel. Akibatnya anak tidak mau makan bahkan sampai susah tidur di malam hari. oleh karena itu orangtua harus tau caranya memberi Obat Sakit Gigi Untuk Anak. Simak yuk moms!


Sakit gigi adalah rasa nyeri yang terasa di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Rasa nyeri ini makin terasa menyakitkan bila terkena makanan atau minuman dingin dan manis. Dalam kondisi yang lebih parah, rasa nyeri bisa berubah menjadi sakit berdenyut sehingga menimbulkan pusing bahkan sampai mengakibatkan pipi menjadi bengkak.


Penyebab sakit gigi pada anak bisa jadi sangat beragam. Contohnya kerusakan pada gigi, tumbuh gigi, masalah sinus, tambalan gigi, cara menyikat gigi yang salah, gigi yang tidak beraturan. Hal yang harus dilakukan adalah:

Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Anak

1.Membersihkan sela gigi


Bersihkan sela gigi anak menggunakan benang gigi (dental floss) biasanya ini digunakan oleh orangtua, namun bisa juga di gunakan pada anak-anak. Hal ini dilakukan jika kerusakan gigi tak terlihat bolong atau pembengkakan. Makanan yang tersisa di sela gigi dapat memicu tekanan pada saraf yang membuat anak merasa sakit.

2. Kumur Air Garam

Salah satu obat sakit gigi mudah dan murah untuk anak adalah meminta mereka untuk berkumur air garam. Biarkan si anak berkumur beberapa saat, dan tunggu khasiatnya segera.

3. Minyak Cengkeh

Tanaman ini populer sebagai obat sakit gigi untuk orang dewasa, dan mereka juga bisa efektif untuk anak-anak. Nah, Anda bisa teteskan sedikit minyak cengkeh di atas kapas, kemudian tempelkan di bagian gigi yang terasa sakit. Minyak cengkeh ini sebenarnya bertindak sebagai pembius lokal sehingga sakit gigi mereda dan kemudian hilang.

Jika hal-hal di atas sudah di lakukan oleh para moms disini tapi si anak masih merasakan sakit gigi, segera bawa ke dokter. Atau moms bisa gunakan obat sakit gigi untuk anak. Nah di bawah ini ada beberapa rekomendasi Obat Sakit Gigi Untuk Anak.

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Untuk Anak

1.Naprex sirup


Hal pertama yang orangtua lakukan saat sang buah hati mengeluh sakit gigi ialah meminta mereka untuk menunjuk atau menggambarkan rasa sakitnya. Jika terdapat pembengkakan gusi kemungkinan ia mengalami rasa sakit yang cukup hebat, sehingga akan membuat mereka rewel dan sulit menelan makanan.


Solusinya Mama dapat memberikan si Kecil obat Naprex Sirup.
Di mana Naprex sirup (paracetamol) digunakan untuk menurunkan nyeri sakit gigi pada segala usia, termasuk anak-anak usia 2-12 tahun.


Naprex sirup mengandung paracetamol, yakni obat yang memiliki aktivitas sebagai antipyretic sekaligus analgetic. Sementara pemberian dosis pada anak 2-5 tahun hanya 3-4 x sehari sebanyak 0.5 sendok takar 5 ml.
Di apotek atau toko obat biasanya Naprex sirup tersedia dengan kemasan botol 60 ml syrup dan Naprex drops 15 ml.

2. Proris


Kemungkinan besar, sakit gigi yang dialami anak-anak akan diikuti pembengkakan pada bagian gusi. Tak jarang, nafsu makannya pun berkurang. Telah diketahui bahwa Proris adalah obat yang sangat bermanfaat untuk menangani demam dan nyeri seperti sakit gigi pada anak-anak.


Proris memiliki komposisi berupa ibuprofen yang termasuk golongan OAINS atau NSAID (obat anti infamasi non-steriod) dengan aktivitas analgesik (meredakan nyeri) dan antipiretik (menurunkan demam).
Ketersediaan Proris di rumah dianggap bisa menjadi pertolongan pertama untuk menangani sang buah hati yang mengalami demam hingga gejala nyeri seperti sakit kepala atau sakit gigi.


Pemberian dosis untuk anak balita yaitu sekitar 5 mg/kg berat badannya sebanyak 3-4 kali sehari. Namun, tetap saja orangtua harus memerhatikan aturan penggunaan obat Proris ibuprofen yang sesuai aturan pemakaian agar mendapatkan hasil maksimal.

3. Cataflam drops


Rekomendasi obat pereda sakit gigi untuk anak selanjutnya yaitu Cataflam drops. Di mana Cataflam tergolong ke dalam kelas obat NSAID dan mengandung kalium diklofenac 15 mg di setiap 1 ml berfungsi untuk mengurangi zat dalam tubuh penyebab peradangan maupun pembengkakan karena sakit gigi.


Obat jenis ini termasuk ke dalam kategori obat anti inflamasi non steroid. Dosisnya diberikan berdasarkan kondisi medis dan sebaiknya menggunakan resep dokter. Cataflam punya 2 jenis, yaitu ada bentuk tablet yang khusus orang dewasa dan tetes (drops) untuk anak-anak.


Demikianlah cara dan obat sakit gigi untuk – anak yang aman. Biasakan untuk memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi terdekat atau langganan moms. Dengan rutin ke dokter gigi, kondisi gigi akan terpantau dan terjaga.

Loading...
Cara Dan Obat Untuk Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak | Admin | 4.5