Apa itu Manajemen Pemasaran?

Sebenarnya apa yang perlu Anda ketahui tentang Manajemen Pemasaran. Manajemen Pemasaran melakukan semua fungsi manajerial di bidang pemasaran.

Manajemen Pemasaran mengidentifikasi peluang pasar dan menghasilkan strategi yang tepat untuk mengeksplorasi peluang tersebut secara menguntungkan.

Itu harus menerapkan program pemasaran dan mengevaluasi terus menerus efektivitas bauran pemasaran. Itu harus menghilangkan kekurangan yang diamati dalam pelaksanaan aktual rencana pemasaran, kebijakan, dan prosedur. Itu terlihat setelah sistem pemasaran perusahaan.

Gambar dari pawoon.com

Manajemen adalah proses menyelesaikan sesuatu secara terorganisir dan efisien. Manajemen pemasaran bertujuan untuk operasi yang efisien dari kegiatan pemasaran.

Manajemen pemasaran memperlancar proses pertukaran kepemilikan barang dan jasa dari penjual ke pembeli. Manajemen pemasaran, seperti semua bidang manajemen lainnya terdiri dari fungsi perencanaan, pengorganisasian, mengarahkan koordinasi dan pengendalian.

Pelajari tentang: – 1. Definisi Manajemen Pemasaran 2. Konsep Pemasaran 3. Fitur 4. Pentingnya 5. Fungsi 6. Proses 7. Ruang Lingkup 8. Bauran Pemasaran 9. Pengambilan Keputusan Pemasaran 10. Orientasi 11. Masalah.

Apa itu Manajemen Pemasaran: Pengantar, Definisi, Konsep, Pentingnya, Fungsi dan Proses

Kandungan:

  • Pengantar Manajemen Pemasaran
  • Definisi Manajemen Pemasaran
  • Konsep pemasaran
  • Fitur Manajemen Pemasaran
  • Pentingnya Manajemen Pemasaran
  • Fungsi Manajemen Pemasaran
  • Proses Manajemen Pemasaran
  • Lingkup Manajemen Pemasaran
  • Bauran Pemasaran
  • Pengambilan Keputusan Pemasaran
  • Orientasi Manajemen Pemasaran
  • Masalah Manajemen Pemasaran
  • Apa itu Manajemen Pemasaran – Pendahuluan

Dalam mempertimbangkan bagaimana unit penjualan individu dalam sistem pemasaran beroperasi, kami akan menyelidiki pertanyaan – Apa itu manajemen pemasaran? Beberapa pembaca akan menjadi siswa yang berniat dalam manajemen pemasaran, yang lain sudah manajer pemasaran, dan yang lain mungkin dalam kegiatan terkait yang memikul manajemen pemasaran baik dalam kapasitas manajerial atau regulator.

Untuk memenuhi semua kebutuhan mereka, tujuan utama kami adalah mengembangkan struktur, “teori”, pemasaran manajerial di sekitar tempat mereka dapat mengatur bacaan dan pengalaman mereka untuk mencapai pemahaman yang lebih baik tentang hal itu.

Pemahaman ini dapat melayani dua tujuan. Pertama, ini akan membantu mereka mendapatkan wawasan baru dari pengalaman yang akan mereka peroleh saat bekerja di masa depan. Mau tidak mau mereka akan berkembang dari pengalaman beberapa struktur seperti itu untuk melayani kebutuhan penting ini, sehingga mereka dapat mengambil keuntungan dari pengalaman baru dan pengetahuan baru. Namun, untuk memperoleh struktur seperti itu dari pengalaman saja, adalah proses yang lambat dan seringkali tidak pasti. Pendidikan formal dapat membantu mereka mempercepat ini sehingga mereka tumbuh dalam keterampilan pemasaran lebih cepat.

Kedua, pemahaman tentang manajemen pemasaran akan memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang peran pemasaran dalam pembangunan ekonomi, yang banyak negara cari dengan sungguh-sungguh. Struktur ini bebas budaya dan dapat diterapkan pada lingkungan apa pun. Secara umum, studi tentang manajemen pemasaran mengarah pada evaluasi yang lebih baik dari aktivitas pemasaran dalam hal kinerjanya dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

Manajemen pemasaran adalah proses pengambilan keputusan, perencanaan, dan mengendalikan aspek pemasaran suatu perusahaan dalam hal konsep pemasaran, di suatu tempat dalam sistem pemasaran. Sebelum melanjutkan untuk memeriksa beberapa detail dari proses ini, komentar pada dua aspek akan membantu latar belakang.

Konsep pemasaran pada prinsipnya sederhana tetapi seringkali sangat sulit, jika bukan tidak mungkin, untuk sepenuhnya diimplementasikan. Komentar Adam Smith yang dikutip di atas paling konsisten dengannya. Konsepnya adalah bahwa perusahaan dapat lebih efektif melayani tujuannya sendiri jika akan mengintegrasikan berbagai aspek kegiatan pemasarannya secara eksplisit sehingga dapat memenuhi preferensi pelanggannya.

Bagi orang yang tidak terbiasa dengan praktik perusahaan, perlunya menerapkan konsep dan kapasitas untuk melakukannya tampaknya sudah sangat jelas sehingga tidak pantas didiskusikan.

Proses manajemen pemasaran ini terjadi “di suatu tempat” dalam sistem pemasaran. Setelah melihat sistem pemasaran yang digambarkan, Anda tahu bahwa “suatu tempat” dapat berada dalam salah satu dari banyak, banyak perusahaan — manufaktur, grosir dan eceran — yang membuatnya. Manajemen pemasaran dipraktikkan di setiap dari mereka.

Anggaplah, untuk menyederhanakan, bahwa kita hanya memperhatikan tingkat manufaktur dalam arti langsung karena manajer yang kita pertimbangkan menempati posisi manajemen pemasaran di sana.

Apa sifat dari masing-masing dari ketiga elemen yang membentuk proses manajemen pemasaran – pengambilan keputusan, perencanaan, dan kontrol?

Loading...
Apa itu Manajemen Pemasaran? | Admin | 4.5