Resiko & Kerugian Root Android yang Wajib Anda Tahu

Resiko & Kerugian Root Android yang Wajib Anda Tahu – Rooting sudah tidak terdengar asing di telinga, apalagi jika anda pengguna android. Root adalah proses yang membantu anda mendapatkan akses untuk mengontrol penuh atas smartphone anda. Atau pada iPhone sering disebut dengan jailbreak dan pada Symbian disebut hack. Banyak tujuan dari root android, yang paling sering adalah bebas melakukan apapun dengan smartphone mereka sendiri.

Lalu tujuan lainnya adalah bisa secara luas menginstall aplikasi-aplikasi dari sumber manapun. Baik aplikasi itu dari market-market resmi ataupun market tidak resmi. Karena sebelum smartphone mengalami proses rooting hal-hal semacam itu tidak dapat dilakukan. Selain itu pula dapat bebas memodifikasi tema pada android dan juga menghapus aplikasi-aplikasi bawaan.  Dan dibawah ini akan kita bahas resiko dan kerugian root android yang harus anda ketahui.

Inilah Resiko dan Kerugian Root Android 

Advertisement
  1. Garansi

Jika anda memilih untuk me root android anda maka garansi dari pabrik pun akan hilang. Jika anda membawa smartphone yang telah di root ke service center dan bertujuan untuk mendapatkan garansi  maka pasti anda akan ditolak. Karena secara tidak langsung saat proses rooting android kita juga telah merusak segel yang sebelumnya terpasang pada smartphone android anda.

  1. Kegagalan saat root

Berikutnya adalah resiko yang terjadi saat anda gagal root android anda. Yang pasti jika anda gagal pada proses rooting anda mau tidak mau harus mengulangi proses root dari awal dan yang pasti akan memakan banyak waktu lama mengulanginya. Dan resiko paling parah adalah bootloop atau smartphone anda akan menjadi mati total.

  1. Virus dan malware

Resiko yang terjadi berikutnya jika anda rooting android anda adalah rentan terhadap virus, karena firewall akan terbuka pada proses terjadinya root. Hal ini sebenernya tidak terlalu sulit untuk diatasi, yaitu anda tinggal menginstall Antivirus yang terpercaya. Ccleaner adalah salah satu antivirus yang bisa anda pakai untuk menangkal virus-virus yang mudah masuk setelah proses rooting.

  1. Performa ponsel

Untuk resiku berikutnya adalah umur pada smartphone anda akan lebih pendek daripada sebelum anda root. Hal ini terjadi dikarenakan setelah proses rooting maka performa smartphone pun akan lebih pendek daripada sebelum di root. Dan tak kalah bahayanya adalah ponsel pasti akan menjadi cepat panas saat digunakan.

  1. Update

Selain performa, garansi dan resiko lain yang telah disebutkan diatas proses rooting juga akan menghilangkan udate Over The Air (OTA) saat ada pembaharuan sistem operasi pada android. Dan bila anda ingin melakukan update sistem operasi anda harus melakukannya secara manual. Entah dengan download update secara manual atau melakukan rooting dengan sistem operasi yang telah di update.

Itulah beberapa resiko yang mungkin dan bisa saja terjadi pada smartphone android anda jika anda melakukan rooting. Maka dari itu untuk melakukan root baiknya pikirkan dulu resiko-resiko yang mungkin terjadi. Jangan sampai berlebihan yang membuat kinerja smartphone anda menjadi mudah panas atau hang yang berujung pada error.

loading...
Resiko & Kerugian Root Android yang Wajib Anda Tahu | Admin | 4.5